Tugas
Softskills Komunikasi Bisnis
Rafina
Sukma Putri
18214749
4EA33
Buku : Komunikasi Bisnis Edisi Empat
Pengarang : Drs. Djoko Purwanto MBA
Hak
Terbit : Erlangga
1. Pengertian
Komunikasi Bisnis adalah bentuk komunikasi yang bisa berupa lisan mau tulisan
yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dimana kita bisa mengeluarkan
pendapat, gagasan, dan ide yang dimana dapat berhubungan dengan pencapaian
bisnis yang diperbincangkan.
2. Proses
Komunikasi :
a. Pengirim
mempunyai suatu gagasan atau ide yang akan disampaikan kepada penerima
b. Lalu
pengirim akan mengubah ide tersebut menjadi lebih jelas lebih detail yang
dimana bisa disebut pesan.
c. Lalu
pengirim akan menyampaikan dan menjelaskan pesan tsb.
d. Penerima
otomatis akan menerima pesan dari pengirim.
e. Penerima
akan menafsirkan pesan yang dikirim dari pengirim
f. Penerima
akan menanggapi, mengomentari dan memberikan umpan balik kepada pengirim.
3. Bagaimana
Komunikasi yang Efektif ?
Pertama komunikator yang cerdas harus
bisa memprediksikan apakah pesan yang akan dikirim kepenerima dapat dipahami
oleh penerima atau tidak. Lalu dalam menyampaikan pesan harus ada ekspresi yang
jelas agar pesan yang disampaikan dapat tergambar dengan jelas, lalu komunikator
harus mempunyai keyakinan dan optimism yang tinggi bahwa orang yang diberikan
pesan dapat di terima, lalu harus ada keharmonisan disetiap komunikasi sehingga
tidak ada salah paham yang terjadi.
4. Hambatan
komunikasi :
a. Pengirim
tidak dapat mengembangkan pesan dengan baik sehingga penerima tidak paham apa
maksud dari pengirim.
b. Pengirim
tidak dapat menyampaikan pesan ke penerima dengan baik.
c. Pesan
yang dijelaskan tidak dapat dipahami oleh penerima pesan.
No comments:
Post a Comment